01 April 2008

Aroma Makassar di Batam

Weekend kemarin diajak teman jalan-jalan ke pantai. Awalnya sempat bingung mau ke pantai yg mana dikarenakan Batam memiliki banyak pantai yg cantik. Setelah melalui diskusi kecil akhirnya diputuskan untuk jalan ke Pantai Nongsa yg terletak di bagian timur laut Pulau Batam. Hanya butuh waktu sekitar 45 menit untuk mencapai Kawasan Nongsa dari kostan kami di Daerah Tiban. Nongsa menjadi daerah tujuan wisata tidak hanya untuk wisatawan domestik, tetapi juga untuk wisatawan asing, terutama dari Singapura karena lokasinya memang berhadapan langsung dengan Singapura, apalagi di daerah ini juga terdapat Nongsapura Ferry Terminal yg memudahkan penyeberangan laut Batam - Singapura. Untuk penginapan tidak perlu khawatir karena di daerah ini bertebaran resort dan hotel, seperti Turi Beach Hotel, Batam View, Nongsa Point Marina, dll. Selain itu juga terdapat lapangan golf, fasilitas olah raga air, maupun rumah makan yg langsung menghadap ke laut. Sayang sekali keindahan pantai itu hanya bisa dinikmati melalui fasilitas hotel atau resort karena pantai rakyat yg disediakan untuk umum malah terkesan kurang terawat dengan fasilitas seadanya.

Karena tidak menemukan lokasi yg enak buat nongkrong plus cuaca yg super panas akhirnya kami memutuskan untuk mencari lokasi lain. Kami pun mengarahkan mobil ke Batam Center. Niatnya mau main ke Coastarina, sebuah kompleks perumahan elit yg dikelilingi oleh laut yg konon disulap menjadi tempat wisata oleh warga Batam. Sebelum sampai di Coastarina, kami mampir dulu buat makan karena perut yg sudah keroncongan minta diisi. Pilihan pun akhirnya jatuh ke rumah makan khas Makassar yg terletak di Batam Center. Meskipun temanku yg lain bukan orang Sulawesi –Jawa, Banjar, Ambon– tapi semuanya pernah tinggal di Makassar sehingga masakan khas Makassar bukan sesuatu yg asing buat mereka, bahkan mereka pun doyan dengan masakan Makassar.

Nah, ini nih beberapa menu yg kami pesan kemarin :

Coto Makassar. Ini menu utamanya. Terbuat dari irisan daging plus jeroan sapi (hati, usus, termasuk lidah) yg dimasak dengan aneka macam bumbu dengan rasanya yg sangat khas. Konon Coto Makassar dahulu dibuat dengan menggunakan 40 macam rempah-rempah yg tidak hanya berfungsi sebagai penyedap masakan, tetapi juga berfungsi sebagai penawar zat-zat kurang baik yg terdapat di dalam jeroan sapi. Rasanya enak. Harganya pun cukup murah. Kita hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 12.500,- per porsi. Kalau di kota asalnya, Makassar, makanan ini biasanya dihidangkan dengan menggunakan mangkuk berukuran sangat kecil, sehingga sekali makan bisa menghabiskan dua sampai tiga mangkuk. Tetapi di kota lain seperti Jakarta dan Batam, mangkuknya menggunakan mangkuk ukuran normal, sehingga satu mangkuk pun cukup mengenyangkan.

Kalau yg ini pasti semua sudah tau. Ya, namanya ketupat. Biasanya Coto Makassar dihidangkan bersama ketupat atau burasa. Bedanya, ketupat dibuat dari beras yg masih mentah yg dimasukkan ke dalam kemasan yg terbuat dari daun kelapa yg masih muda, sedangkan burasa dibuat dari nasi setengah matang yg dicampur santan dan dibungkus daun pisang. Tampilannya sih lebih bagus ketupat, tapi dari segi rasa burasa lebih enak.

Nah, kalau kedua gambar berikut adalah makanan penutup. Yang pertama namanya Es Pisang Ijo. Disebut pisang ijo karena terbuat dari pisang yg dibungkus tepung terigu berwarna hijau. Warna hijau-nya muncul tidak dari zat pewarna makanan, tetapi dari air daun pandan yg dicampur santan yg tidak hanya berfungsi memberikan warna tetapi juga sekaligus memberikan aroma yg khas. Disajikan dengan menggunakan sejenis saos putih yg mirip bubur sumsum yg rasanya manis. Ditambah sedikit sirup plus es serut membuat rasanya enak dan segar. Harganya? Cukup murah, satu porsi hanya dihargai Rp. 7.500,-.

Yang kedua namanya Es Pallubutung. Jenis makanan ini masih saudara sepupu dengan Es Pisang Ijo. Bedanya, kalau es pisang ijo dibungkus tepung terigu berwarna hijau, es pallubutung dibiarkan ‘telanjang’ tanpa pembungkus apa pun. Hanya terbuat dari potongan-potongan pisang yg sudah direbus yg disajikan dengan saos putih plus sirup dan es serut. Rasanya tidak kalah enak dibandingkan dengan es pisang ijo. Harganya pun sama dengan es pisang ijo.

Foto Kanan (ki-ka) : Dasroel (Makassar), Yose (Banjar), Arief (Jogja), Agustu (Ambon)

Rasanya cukup ya laporan jalan-jalan kali ini. Bagi warga Batam yg ingin mencoba masakan khas Makassar tinggal mampir aja ke Rumah Makan Aroma Makassar yg terletak di Kompleks Masakan Khas Daerah No. 19 Batam Center. Selain jenis makanan di atas, di sana pun tersedia jenis masakan lain yg diolah dari bahan dasar ikan, udang, cumi, kepiting, dll. Tapi, kalau mau kesana jangan lupa ngajak aku ya :D

Ups, jadi lupa cerita tentang Coastarina. Setelah makan kami pun lanjut ke Coastarina yg sayang sekali ketika kami tiba di sana ternyata tutup. Kami hanya bisa nongkrong sejenak di jalan menuju ke sana yg pada sore hari ramai pengunjung, baik yg sekedar ingin jalan-jalan, berolah raga (jogging atau bersepeda), belajar nyetir, berjualan makanan dan minuman, atau bahkan banyak juga yg pacaran sambil menikmati sunset. Kami tidak berlama-lama di sana karena kesulitan mendapatkan tempat untuk Sholat Ashar. Tujuan selanjutnya adalah Mega Mall yg lokasinya tidak terlalu jauh dari Coastarina. Di sana kami numpang sholat dan membeli beberapa keperluan. Niat awalnya jalan-jalan ke pantai malah berakhir di mall. Ujung-ujungnya mall juga. Gara-gara Batam kebanyakan mall nih :D

32 komentar:

sha mengatakan...

ass, hohoho ptama komen ni way hehehe... mo dunk makanan n minumanny kyany eunak tenan, jd mo wisata kuliner lg hehehe...

ridu mengatakan...

Waaaaaah... beneran deh.. ngiler abis ngeliat makanan2 itu.. terutama pisang ijooo... duuh jadi pengen lagi..

kalo coto makasar blom pernah nyoba.. tapi keknya enak yah..

Ani mengatakan...

Selamat ! Sudah sampai ke Nongsa hi..hi..hi...
kapan2 traktir aku Cotto Makassar ya Yu, aku suka juga lho ! :-)
Yaaa...tutup ya Coastarinanya? Nggak bisa poto2 di tulisannya yang guede itu dooong? Aku dah pernah sukses poto2an di sana dengan tidak malunya he..he..he...(ada di salah satu postinganku jaman baheula)

ichanx mengatakan...

nikmatnya.... heheh... btw, apakabar bos?

Erfi Lorraine mengatakan...

haaa,, cukup! pagi2 dah buat orang ngiler,, hohoho,, mau es pisang ijo satu ya mas,, di bungkus,, hehehe

antown mengatakan...

saya mau dunk esnya
dari warnanya selera saya jadi nambah nih..

.:diah:. mengatakan...

wahh kmana pun melangkah, makanan khas Makassar trkenal dimana-mana yaa Kak ;)
bangga jadi wong Solo(Wesi) hehehhh...

jadi mupeng liat coto, pisjo ma pallubutung nya,, klo pisjo ma pallubutung bagus dimakan pas siang2 terik kyk bgini, dan pasti akan rindu kampung halaman klo berbuka puasa dengan makanan tsb *iya kan Kak?? ;)

Eucalyptus mengatakan...

Wah, dapet juga neh yg ber-bau2 makassar di Batam? Asik dong...
Tp sayang klo aku buka dr kantor foto2nya gak keliatan tuh....

Novee mengatakan...

dah lama ga makan es pisang ijo, sejak pindah kantor.
Di ktr yg lama ada langganan yg bw pisang ijo sminggu skali. enak sangad & wangi..

LifeByYourHand mengatakan...

serasa di kampung halaman dunk bro.." Home Sweet Home "

Bakhrian mengatakan...

hmmm...
ke mana-mana lidah daerah masih ga bisa dibohongi..

sama Yu... dulu aku juga begitu... jauh-jauh sekolah ke luar... yang dicari makanan Indo juga....

lidahku emang lidah ndeso... hehehhe

ShOFa ImOeT mengatakan...

hwakz crita makanan makassar lg?:p
iyh coto bikin darah tinggi tw g boleh sering" tuh tp klo es pisang ijo boleh bgt:D
duwh hanimun dibatam enak bgt x ya bs tiap hr liat sunset *ngarep*
btw muuph br bs mampir maklum cm bs hotspot doank :D

geLLy mengatakan...

waoOo enaknya bs tinggal di batam masakanya bikIn ngilerrr ho ho ho hoooo...yummy Bngtt ^_*

ichaawei mengatakan...

ya ampun..paling gak kuat iman kalo liat postingan soal makanan khas indonesia ...
duuuuuhhh ngileeeeeeeeeer
btw aku baru denger sama es pisang ijo ... pisang apakah??? pisangnya ijo gitu??? tp bukan pisang batu kan y?????

Mama Rafi mengatakan...

weleh2 walo di batam tetep bs menikmati makanan makassar muanteb oii pic nya bikin ngences hehe..

iza~de~bintang mengatakan...

Pengen coba es nya. Mesti sedapkan..
hurm sambil fikir2 dimana rumah makan makassar di sini.. hehehe

try mengatakan...

waaahh yummmmyyy...saya juga doyan coto makassar n pisang ijo loh. Tapi gak semua bagian sih yang dimakan ^.^... Kalo coto saya paling doyan 'hati'nya aja. Trus kalo pisang ijo, saya doyan kulit pisangnya n saosnya aja hehehe...

Salam kenal ya ^_^

rizky mengatakan...

Oom bisa nggak lempar Coto makassar ke mari.....??????? laper ni

w@hyu mengatakan...

@Sha : mau? sini deh tak traktir :D

@Ridu : enak dong.. mau nyoba? di Casablanca ada juga tuh.. mampir aja ke sana :)

@Mba Ani : aku udah baca postingan Mba Ani ttg Coastarina itu..
mau coto makassar? ayo.. rame2 sama Mas Faris dan Reza sekalian ya Mba :)

w@hyu mengatakan...

@Ichanx : baik, alhamdulillah.. kemana aja nih bro?

@Erfi : hush! pagi2 koq udah pesen es.. gak boleh, ntar sakit lho :p

@antown : mau? main ke batam aja mas.. ntar tak traktir deh :)

w@hyu mengatakan...

@Diah : bener Diah.. pas ramadhan pisjo sama palbut selalu jadi menu favorit buat berbuka.. jadi kangen sama solo-wesi nih :)

@Ayu : ada untungnya juga fotonya gak kebuka Yu.. jadi gak ngiler.. hehehe..

@Mba Novi : mba novi bikin sendiri aja.. ntar aku tanyain resepnya deh sama mamaku :D

Kopitozie mengatakan...

Kapan-kapan main ke Batam ah!

w@hyu mengatakan...

@Bang Koz : bener bang.. apalagi pas makan pisang ijo langsung ingat buatan mama yg jauh lebih enak :)

@Mas Bakhri : bukan masalah ndeso-nya mas.. tapi masalah kebiasaan dan selera :D

@Shofa : denger2 sih coto dibuat dengan menggunakan bumbu tertentu yg bisa menetralisir zat2 negatif yg dikandungnya, makanya cukup aman koq..
btw gimana kabarnya si Daeng? udah mau hanimun nih sama dia? *upsss, keceplosan* :D

@Gelly : kalo coto mah gak perlu ke Batam Gel.. dimana2 udah ada koq dijual ;)

@Icha : bukan pisangnya yg ijo, tapi tepung yg membungkus pisangnya itu.. kalo jenisnya sih pisang aja boleh, yg penting udah matang :)

w@hyu mengatakan...

@Mama Rafi : yah itung2 buat ngobatin rasa kangen akan kampung halaman :)

@Iza : kalo di Malaysia gak ada mending langsung ke Makassar aja Za, di sana banyak koq :D

@Mba Try : oh, di Kendari ada coto makassar juga toh.. kalo aku sih semua bagian suka.. langsung ludesss tak bersisa :D

@Rizky : sorry, gak bisa dilempar, takut tumpah.. kalo mau ambil ke sini aja :p

@Kopitozie : ditunggu!! ntar dianterin muter2 Pulau Batam deh ;)

adafahmi mengatakan...

duech....jadi laper nich...

Antoni mengatakan...

Enak nih jln2, blm pernah nyoba nih Coto makasar

Anonim mengatakan...

[B]NZBsRus.com[/B]
Escape Slow Downloads Using NZB Files You Can Hastily Find Movies, Games, MP3 Singles, Applications and Download Them at Fast Rates

[URL=http://www.nzbsrus.com][B]Usenet Search[/B][/URL]

Anonim mengatakan...

Vertical of be in wring Our Unfit Prices at www.Pharmashack.com, The Peculiar [b][url=http://www.pharmashack.com]Online Dispensary [/url][/b] To [url=http://www.pharmashack.com]Buy Viagra[/url] Online ! You Can also Pocket up Spectacular Deals When You [url=http://www.pharmashack.com/en/item/cialis.html]Buy Cialis[/url] and When You You [url=http://www.pharmashack.com/en/item/levitra.html]Buy Levitra[/url] Online. We Also Classify a Signal Generic [url=http://www.pharmashack.com/en/item/phentermine.html]Phentermine[/url] In subordinate of Your Regimen ! We Leak away Maker the latest thing [url=http://www.pharmashack.com/en/item/viagra.html]Viagra[/url] and Also [url=http://www.pharmashack.com/en/item/generic_viagra.html]Generic Viagra[/url] !

日月神教-任我行 mengatakan...

走光,色遊戲,情色自拍,kk俱樂部,好玩遊戲,免費遊戲,貼圖區,好玩遊戲區,中部人聊天室,情色視訊聊天室,聊天室ut,成人遊戲,免費成人影片,成人光碟,情色遊戲,情色a片,情色網,性愛自拍,美女寫真,亂倫,戀愛ING,免費視訊聊天,視訊聊天,成人短片,美女交友,美女遊戲,18禁,三級片,自拍,後宮電影院,85cc,免費影片,線上遊戲,色情遊戲,日本a片,美女,成人圖片區,avdvd,色情遊戲,情色貼圖,女優,偷拍,情色視訊,愛情小說,85cc成人片,成人貼圖站,成人論壇,080聊天室,080苗栗人聊天室,免費a片,視訊美女,視訊做愛,免費視訊,伊莉討論區,sogo論壇,台灣論壇,plus論壇,維克斯論壇,聊天室

Anonim mengatakan...

ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA / MELANJUTKAN KULIAH / KENAIKAN JABATAN ?!?!
KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN.

-SMU:4.000.000
-D3:6.000.000
-S1:8.000.000

* AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE: pembuatanijazah@yahoo.co.id

HUB: +6285736927001.

(HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.

Anonim mengatakan...

http://chaos-dwarfs.com/drupal/?q=comment/reply/97193

Anonim mengatakan...

http://www.legitpaydayloansonline2.com http://www.legitpaydayloansonline3.com/ Fundpopog http://legitpaydayloansonline3.com Stype [url=http://www.legitpaydayloansonline2.com/]legit payday loans online[/url] legit payday loans online The earlier conception and the mindset networks can be a solution of eradicating these existing debts.You may wonder, how or visiting that and approval and employed and be comfortable repaying the loan?