23 April 2008

Kita Bukan Siapa-Siapa

Beberapa hari yg lalu aku pindah kamar kost, dari yg sebelumnya di lantai 1 naik ke lantai 2. Meskipun barang-barangnya tidak seberapa ternyata cukup berat juga memindahkannya. Dengan alasan tidak mau merepotkan teman-teman yg lain, barang-barang yg tidak seberapa itu pun aku angkut sedikit demi sedikit setiap pulang kantor. Memindahkan rak buku dan isinya, tidak ada masalah, masih bisa kutangani sendiri. Memindahkan televisi plus raknya, masih tidak ada masalah, begitu pun barang-barang kecil yg lain. Tapi ketika tiba giliran mengangkat tempat tidur dan lemari pakaian aku mulai kewalahan. Sebesar apa pun aku berusaha tetap saja aku kesulitan memindahkan sendiri barang sebesar itu. Untung lah aku memiliki teman-teman yg baik hati yg langsung membantuku ketika melihat aku kesulitan tanpa harus diminta. Ah, ternyata hidup ini memang tidak bisa sendirian. Sebesar apa pun usaha kita untuk mengerjakan semuanya sendiri tetap saja kita membutuhkan keberadaan orang lain.

Flash back
sejenak ke masa beberapa bulan yg lalu. Waktu itu aku pulang kantor sehabis lembur. Dengan percaya diri kupacu sepeda motorku menanjak di perbukitan dekat kantor. Baru beberapa menit berjalan tiba-tiba ban motorku slip. Aku hampir saja terjatuh. Setelah kuperiksa ternyata rantainya putus. Dengan berbekal pengetahun yg sangat minim tentang sepeda motor aku coba mengutak-atik menggunakan peralatan seadanya. Peluh mulai bercucuran. Tangan mulai kotor belepotan bekas pelumas rantai. Kulit pun mulai bentol digigit nyamuk yg bermunculan dari rimbunnya pepohonan di kiri-kanan jalan. Tapi hasilnya nihil. Bukannya bagus, kerusakannya malah bertambah parah, rem jadi ikut rusak karena kesalahan pemasangan. Setelah hampir satu jam mengutak-atik tanpa hasil dan waktu yg semakin mendekati maghrib, akhirnya kutelfon salah seorang teman yg mau berbaik hati memberiku tumpangan pulang. Ah, ternyata hidup ini memang tidak bisa sendirian. Sebesar apa pun usaha kita untuk mengerjakan semuanya sendiri tetap saja kita membutuhkan keberadaan orang lain.

Keesokan harinya dengan diantar oleh teman yg baik hati itu akhirnya motorku ditarik ke bengkel. Butuh waktu sekitar satu jam untuk mengutak-atik motor itu hingga bisa digunakan kembali. Kalau sebelumnya aku selalu ‘mengeluh’ dengan biaya bengkel yg menurutku mahal, mulai saat itu aku berusaha untuk menghilangkan pikiran itu. Rasanya mereka memang wajar meminta bayaran yg sedikit lebih mahal karena aku sudah pernah merasakan betapa beratnya memperbaiki sendiri sepeda motorku. Ah, ternyata hidup ini memang tidak bisa sendirian. Sebesar apa pun usaha kita menyelesaikan semuanya sendiri, tetap saja kita adalah makhluk lemah yg memiliki keterbatasan yg membutuhkan keberadaan orang lain.

Benarlah kiranya ketika ada yg menyebutkan bahwa manusia itu selain sebagai individu juga adalah makhluk sosial, makhluk yg tidak bisa hidup sendiri dan selalu membutuhkan keberadaan orang lain. Sejak kita lahir kita butuh orang-orang di lingkungan terdekat kita (baca : keluarga) untuk membantu mengajarkan berbagai macam keterampilan. Kemudian seiring pertambahan usia, kita pun beranjak ke lingkungan yg lebih luas dan mulai membutuhkan keberadaan teman, sahabat, dan manusia lain untuk berinteraksi.

Sebanyak apa pun harta yg kita miliki kita akan tetap butuh orang lain. Paling tidak kita butuh tukang cukur ketika rambut kita sudah terasa mengganggu penampilan, karena sangat sulit membayangkan harus memotong rambut sendiri. Membayangkannya saja sudah sulit apalagi melakukannya. Paling tidak kita butuh tukang tambal ban ketika ban mobil mewah kita tertusuk paku di jalan. Paling tidak kita butuh tukang jahit untuk menyiapkan baju-baju bagus yg akan kita kenakan. Paling tidak kita butuh petani untuk menyediakan bahan pangan yg akan kita konsumsi. Paling tidak kita butuh ini, butuh itu, ah banyak sekali yg kita butuhkan. Bayangkan kalau semuanya harus kita lakoni sendiri. Dan, yg harus diingat adalah status KAYA itu ada karena adanya orang MISKIN.

Setinggi apa pun jabatan yg kita duduki kita akan tetap butuh orang lain. Paling tidak kita butuh cleaning service untuk membersihkan meja, mengepel lantai, dan menyiapkan konsumsi kita. Paling tidak kita membutuhkan staf untuk membantu membuat konsep surat-menyurat, foto copy ini, foto copy itu, dan seabrek pekerjaan lainnya. Bayangkan kalau semua itu harus kita lakoni sendiri. Dan, yg perlu diingat adalah status ATASAN itu ada karena adanya BAWAHAN.

Karena itu alangkah keterlaluannya kalau ada orang yg merasa superior dan tidak membutuhkan keberadaan orang lain. Padahal, tanpa orang lain kita ini bukan lah siapa-siapa.

ps. bahkan cicak ini pun butuh cicak lain. ups, jangan dianggap pornografi ya!! :)

50 komentar:

ridu mengatakan...

wah, bener banget itu.. semua ini jadi lebih bermakna dan lebih berwarna kalau ada orang lain.. gak mungkin kita bisa hidup sendirian, karena memang kita ini makhluk sosial..

btw kalo pindah dari bawah ke atas emagn rada repot yah.. kalo pindah dari atas ke bawah, gampang, tinggal kita lempar aja barang2nya.. hehehehe..

i'm happy with him mengatakan...

ak 100% setuju sama kakak..
kox pindahnya ke atas sii?knpa ga ke samping aja kaK??hehehe

Fanya Ardianto mengatakan...

betul sekali Yu, tak ada satu orang pun yang tak butuh orang lain, seberapapun kayanya, seberapapun pinternya, karena itu orang sombong sama dengan org yg tidak mengasihani dirinya sendiri.

sayangnya, nggak semua orang berfikiran spt kamu :)

Bakhrian mengatakan...

Waduh...
Aku tertarik dengan cicaknya Yu...
kapan tuh difotonya?
dimana?

waktu ngelamun ya?
terus pas lihat ada cicak di tembok bermesraan?

waduh.... kamu akan dituntut oleh dewan HAC (hak asasi cicak) hehehe

Linda mengatakan...

bener Yu, hidup ini harus saling tolong menolong. gak bisa kita hidup di dunia ini mengandalkan usaha sendiri. semua yg kita rasakan saat ini itu juga berkat orang2 yg ada di sekitar kita :)

w@hyu mengatakan...

@Ridu : waduh, gimana jadinya kalo tv dilempar dari atas juga.. hehehe..

@Risa : kamar samping udah pada full booked :D

@Mba Fanya : sekedar berpikir sih mungkin bisa, tapi untuk mengaktualisasikannya itu yg sulit..

@Mas Bakhri : hehe.. sebenarnya itu foto lama.. diambilnya ramadhan yg lalu pas buka puasa bareng temen2 kost di kostan lama :D

@Linda : bener banget Lin.. setuju!!

sha mengatakan...

assalamualaikum,

iya ya way, sesama manusia itu harus saling menolong dan tidak bs hidup sendiri krn kita adalah mahkluk sosial.
bnr tuh kt ridu klo pindahny ke atas mank rada2 repot..:D

Fauzan mengatakan...

secara, pindah itu ke atas, bukan ke samping (Eh,itu tumbuh ya?hehe..)

salam kenal ya..

.:diah:. mengatakan...

btul skali tuh Kak, ada orang KAYA karena adanya orang MISKIN.

ada ATASAN karena adanya BAWAHAN

ditambah yaaa Kak :D
ada Kakak karena ada Adik, ada Ayah karena ada Ibu, ada Nenek karena ada Kakek,, dan seterusnya,,, sama juga dunk yaa ada Suami karena ada Istri, naaah ada Kak Wahyu karena ada ....???? siapa ya?? hehhehh

rizky mengatakan...

Emang bener oom, manusia itu mahkluk yang sosia dan saling mebutuhkan satu sama laen...? bener gak Oom...
Saya shi setuju dengan pendapat Oom... hidup setuju

Ani mengatakan...

Namanya hidup ya begitu, saling membutuhkan satu sama lain, lha wong ketika kita meninggal pun ternyata kita tetap saja masih membutuhkan orang lain untuk memandikan, menyolati dan menguburkan kita.

Eucalyptus mengatakan...

Iya dong, kan manusia makhluk sosial, dia tak akan sanggup hidup sendirian tanpa manusia lain disekitarnya

Novee mengatakan...

Yu... siap2 di blokir tuh blog nyah kena UU ITE kekekekkk...

Kamu kost an bawa2 tempat tidur dr jakarta??? heheheee..
bener2 pindahan nih si wahyu...

PenyuGarong mengatakan...

wahahah... ngekos juga ternyata...

dibilang anak kos, kayaknya masi uda ketuaan nih...

kalo gitu dipanggil om-om kos aja kali yah?

*kuaburrr.... hahaha

Abimanyu mengatakan...

hehehe.. dulu juga pindah kos..
tapi cuma kesamping aja..
sama2 lantai 2..
jadi gak perlu bantuan orang laen..
hmmm... selama bisa sendiri kenapa gak dilakukan sendiri..

icHaaWe mengatakan...

namanya juga makhluk sosial..kita memang tak akan pernah bisa hidup tanpa orang lain ...

saling mengisi satu sama lain..bersyukur lah yu..pny teman yg baik ...

Kristina DIAN Safitry mengatakan...

waduh..kenapa waktu itu gak menelepon diriku. biar kubawain sapu tangan buat hapus keringatnya,huaha..ha... sapu tanganku nganggur satu tuh...

Erfi Lorraine mengatakan...

kan kita ada dunia ini juga karena ada mama papa,,

:)

tyka mengatakan...

kalo saya malah hobinya ngerepotin org lain :( hiks..kebalikannya ama kamu ya Yu.

ario dipoyono mengatakan...

waduh jadi bersyukur dong....

'N mengatakan...

Iyah.. bener... betul... artinya kita jgn terlalu membanggakan diri sendiri apalagi meremehkan orang lain. Sekecil apapun jasa orang lain itu tetap berharga..

ShOFa ImOeT mengatakan...

hehe karna pd dasarna manusia makhluk sosial ya dan sudah seharusna saling membantu :)
eh aku absen 22 ya :p

Milda mengatakan...

Posting yg ini mewakili perasaanku : punya blog tanpa punya teman-2 blogger adalah hampa...(nulisnya dari hati yg terdalam..hiksss...).

dirikudisini mengatakan...

biar gak kebanjiran aya...:D

itulah hidup....

Tari Mokui mengatakan...

hi wahyu...
i'm back...:)

betul banget yu..tadi ku hampir nabrak orang..untung ada teman di sampingku yang cepat2 narik rem tangan. Alhamdulillah...masih terlindungi...

Jane mengatakan...

Ya iya lah ya.. lemari sama tuh tempat tidur gak bisa di angkut ndiri.. hehehe.. kalo bisa udah jadi superman dunnk.. hueheh

He eh.. bener.. kita mank gak bisa hidup sendirian aja di dunia ini.. makanya mau siapa aja orang itu. atasan kita, bawahan kita *ky pake baju yak? loh? :)* kita gak boleh ngeremehin mereka.. ya ga? :D

aLe mengatakan...

kita memang bukan siapa2
tapi disekitar kita banyak hal yang membuat kita menjadi siapa,.
*jadi siapa coba* ^^

istri cerewet mengatakan...

yupz ... setojo
kita manusia sosial ... kapanpun dan dimanapunpasti membutuhkan bantuan dari orang lain :D

randi168 mengatakan...

haloo

wahyu,
mungkin itu gunanya samapta tuh itu supaya berpikiran spt wahyu hehehehe

:D

tp, gw pernah dpt dari bos gw yg chinese (sebelum masuk GA): Dia sih mengandalkan semua daya upaya dia sendiri supaya bisa survive di jkt, bisa beli mobil ,dll.

berarti tiap orang pemikirannya beda2 ....

marshmallow mengatakan...

salam kenal, yu. aku setuju, ada KAYA karena ada MISKIN. ada orang CAKEP kayak aku karena ada yang JELEK juga. gitu kan, yu? (narsis mode: on)
btw, jalan-jalan sore...

Vina Revi mengatakan...

Karena kodratnya manusia itu adalah mahluk sosial. Sempet liat I Am Legend-nya Will Smith, kan? Hiyy, kalo aku sih nggak bakal kuat harus hidup sendirian kayak gitu ...

isnuansa mengatakan...

Kalo motornya rusak lagi, bawa aja ke bengkelku...
Hehe, baru sekarang ditawarin setelah ga di Jkt lagi. :)

batamcyberisland.com/blog mengatakan...

Bang Wahyu.. Boleh tidak blognya kami link-kan di Blog Batam Cyber Island www.batamcyberisland.com/blog ?

ochep mengatakan...

ya iya lah din, itu mengapa Allah menciptakan manusia dengan ramai dan semerbak. untuk saling sayang, saling membantu, saling mengisi dan saling salingan-lah...

Tri Wahyudi Iman Dantara mengatakan...

salam kenal bang.. sesama nama wahyu..hehe

yolanda mengatakan...

wahh..sangat setuju dg pendapat anda
:DD

salam kenal ya bang :)

日月神教-任我行 mengatakan...

AV,無碼,a片免費看,自拍貼圖,伊莉,微風論壇,成人聊天室,成人電影,成人文學,成人貼圖區,成人網站,一葉情貼圖片區,色情漫畫,言情小說,情色論壇,臺灣情色網,色情影片,色情,成人影城,080視訊聊天室,a片,A漫,h漫,麗的色遊戲,同志色教館,AV女優,SEX,咆哮小老鼠,85cc免費影片,正妹牆,ut聊天室,豆豆聊天室,聊天室,情色小說,aio,成人,微風成人,做愛,成人貼圖,18成人,嘟嘟成人網,aio交友愛情館,情色文學,色情小說,色情網站,情色,A片下載,嘟嘟情人色網,成人影片,成人圖片,成人文章,成人小說,成人漫畫,視訊聊天室,a片,線上遊戲,色情遊戲,日本a片,性愛

tips beli rumah mengatakan...

ya iyalah...kita manusia membutuhkan orang lain...teman......yang itu bisa kita dapatkan dari orang disekitar kita...jadi jangan pernah merasa kalau kita mampu melakukan segala sesuatu nya sendiri dan merasa tidak butuh orang lain....

cctv camera mengatakan...

Saya setuju kalau kita bukan siapa-siapa? Tapi kita bisa jadi siapa-siapa ketika kita berarti bagi orang lain.

Camera CCTV mengatakan...

Saya pikir kita menjadi hidup karena kita bukan siapa-siapa. Tapi percayalah dari NOTHING pasti akan menjadi SOMETHING

Anonim mengatakan...

Hi to all, how is everything, I think every one is getting more from this web page, and your views are fastidious designed for new visitors.


Here is my website - how to lose weight without diet and exercise

Anonim mengatakan...

Appreciate this post. Let me try it out.

my blog - home workout programs exercises

Anonim mengatakan...

Does your website have a contact page? I'm having a tough time locating it but, I'd like to shoot you an
e-mail. I've got some suggestions for your blog you might be interested in hearing. Either way, great website and I look forward to seeing it expand over time.

My web page: SEO Packages

Anonim mengatakan...

I seriously love your site.. Pleasant colors & theme.
Did you build this web site yourself? Please reply back as I'm looking to create my own personal website and want to learn where you got this from or what the theme is named. Kudos!

Feel free to surf to my web site; female hair loss treatment

Anonim mengatakan...

I loved as much as you'll receive carried out right here. The sketch is tasteful, your authored subject matter stylish. nonetheless, you command get got an impatience over that you wish be delivering the following. unwell unquestionably come more formerly again since exactly the same nearly a lot often inside case you shield this hike.

Check out my web blog :: Wiki Submissions

Anonim mengatakan...

If some one desires to be updated with latest technologies then
he must be pay a visit this web site and be up to date every day.


Feel free to visit my blog seo software seo companies

smk n btkl mengatakan...


makasih gan atas informasinya semoga bermanfaat buat kita semua

tkj 1 smk btkl mengatakan...


artikel yang sangat baik gan

Nunung mengatakan...

Benar juga ya, beberadaan orang lain sangat kita butuhkan.

Resa anag reggae mengatakan...

kelamin pria keluar nanah kelamin keluar nanah cara mengobati kemaluan keluar nanah keluar nanah dari vagina kemaluan keluar cairan nanah obat penis keluar nanah penyakit kemaluan keluar nanah